7 Kata yang Tidak Boleh Diucapkan saat Seseorang Berduka, Bisa Melukai Hatinya

Kamis, 03 Oktober 2024 - 20:00 WIB
loading...
7 Kata yang Tidak Boleh...
Saat seseorang tengah berduka, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda katakan. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA – Saat seseorang berduka, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda katakan. Ini bisa membuat mereka terpuruk, bahkan menyakit hati dan perasannya.

Dalam upaya untuk menghindari keheningan, mudah untuk mengatakan sesuatu yang tampak tidak berbahaya, tetapi kepada seseorang yang baru saja mengalami kehilangan, mungkin itu akan membuat perasaannya terluka dengan apa yang mereka alami.



Jadi, untuk membantu orang yang Anda cintai melewati masa sulit, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dikatakan setelah mengetahui seseorang yang dekat dan mereka sayangi meninggal. Dikutip star insider, berikut ulasannya.

Kata-kata yang Tidak Boleh Diungkap saat Seseorang Berduka

1. "Kamu sangat kuat, kamu akan melewati ini"
Mungkin tampak sopan untuk merujuk pada kekuatan seseorang dan memujinya, jika Anda mencari sesuatu untuk dikatakan kepada seseorang yang sedang berduka. "Kamu sangat kuat, kamu akan melewati ini."

Namun, hal itu menyiratkan bahwa menjadi "lemah" itu buruk, yang mungkin sebenarnya dirasakan orang tersebut di dalam hatinya. Orang tidak ingin merasa menjadi beban bagi orang lain dan hal itu dapat menyebabkan mereka menyembunyikan emosi mereka atau menekannya.

2. "Mereka berada di tempat yang lebih baik sekarang"
Meskipun Anda mungkin bermaksud baik dengan mengatakan sesuatu seperti "mereka berada di tempat yang lebih baik sekarang," itu adalah pernyataan yang sangat tidak menghargai seseorang yang sedang mengalami kehilangan.

Tidak seorang pun tahu apa yang terjadi ketika seseorang meninggal dan terlepas dari fakta bahwa hal itu mungkin bertentangan dengan sistem kepercayaan orang yang berduka itu sendiri, hal itu memberi tahu seseorang untuk tidak merasakan apa yang mereka rasakan.

3. "Apa yang terjadi?"
Tergantung pada situasinya, penyebab kematian bisa jadi sesuatu yang sangat traumatis. Dengan bertanya kepada seseorang apa yang sebenarnya terjadi, Anda meminta mereka untuk menghidupkan kembali rasa sakit yang dirasakannya.

Tentu saja wajar untuk bertanya-tanya apa yang terjadi dan Anda mungkin merasa pertanyaan itu menawarkan cara untuk terhubung dengan teman atau anggota keluarga Anda. Namun, sebaiknya tunda dulu, setidaknya pada awalnya, kecuali mereka mau memberikan informasi secara sukarela.

4. "Mereka tidak ingin Anda bersedih, Jangan menangis"
Banyak orang tidak merasa nyaman saat melihat orang yang mereka cintai menangis karena mereka secara alami ingin membuat orang tersebut merasa lebih baik. Namun, memberi tahu seseorang untuk tidak menangis bukanlah jawabannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)